Senin, 26 Maret 2012

Buka Restoran -1

Persiapkan Mental

Banyak orang bermimpi memiliki restoran yang dikelolanya sendiri. Namun sebagian besar dari mereka, bingung mau memulai dari mana. Sebagian lainnya, langsung terjun tanpa dibekali dengan pengetahuan yang cukup. Atau istilahnya modal nekad. Hasilnya, tentu jauh dari memuaskan dan dia baru berhasil setelah berkali-kali gagal. Itupun kalau mereka mempelajari kegagalannya, kalau tidak, pasti sulit untuk berhasil.

Masalahnya memang banyak orang yang menganggap membuka bisnis restoran cukup mudah. Punya menu andalan dengan rasa yang lezat, punya lokasi yang strategis, rekrut karyawan… langsung bisa jalan. Kenyataannya tidak demikian. Banyak hal yang terjadi di luar perkiraan. Bisnis restoran nyatanya usaha yang sangat sulit dan butuh pengorbanan waktu, tenaga, pikiran dan modal yang tidak sedikit.

Nah sebelum Anda benar-benar terjun ke bisnis restoran, ada baiknya kami mengingatkan agar Anda memikirkan kembali niat tersebut. Bisnis restoran bukan bisnis iseng. Bisnis ini harus dijalani selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Restoran tidak boleh libur! Anda boleh melanjutkan mimpi memiliki restoran, jika benar-benar siap menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan modal. Kalau tidak, hentikan mimpi Anda.

Ini bukan menakut-nakuti, tapi berdasarkan pengalaman banyak orang, yang menganggap bisnis restoran sebagai sampingan dan iseng yang menghasilkan kegagalan demi kegagalan. Anda harus membuat bisnis plan yang jelas, setelah berdiskusi dengan kerabat, orang terdekat sampai pakar bisnis restoran atau mereka yang sudah lebih dulu terjun di bisnis ini. Anda harus benar-benar membuat persiapan yang matang, sebelum terjun. Bisnis ini penuh dengan risiko yang tidak sedikit. Risiko yang mungkin saja bisa membuat Anda bangkrut selamanya atau trauma seumur hidup.

Tapi jika Anda sudah yakin dengan impian Anda memiliki restoran… go ahead! Jangan pernah berhenti untuk meraih impian Anda. Jangan berubah haluan, walaupun ada sejumlah bisnis lain yang menggiurkan. Anda harus fokus. Dalam bisnis ini, tidak ada satu pun resep yang pas untuk sukses. Keberuntungan juga menentukan kesuksesan Anda. Namun keberuntungan itu tidak akan pernah muncul, tanpa upaya keras dan cerdas secara terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar