Selasa, 17 April 2012

buka restoran -8

Memilih Peralatan dan Furnitur

            Peralatan dan furnitur yang Anda pilih tergantung dari pilihan menu, ukuran restoarn dan jenis servis yang anda tentukan. Sehingga beberapa pertanyaan yang harus dimunculkan sebelum memilih peralatan dan furnitur:
  1. Jenis makanan apa yang disajikan?
  2. Berapa pelanggan yang dilayani?
  3. Jenis servis apa? Apakah prasmanan? past food? Atau delivery order? Atau menyajikannya langsung di meja?
Setelah itu, barulah Anda mempertimbangkan faktor biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap peralatan dan furnitur yang dibutuhkan. Bila menemukan barang yang berkualitas, cocook dengan kebutuhan dan harganya murah, Anda beruntung! Dan untuk menemukan kombinasi semacam itu tidaklah mudah.

Pilih Baru atau bekas?
      Terkait dengan biaya investasi untuk peralatan dan furnitur, ada dua pilihan yang sangat berpengaruh. Yaitu memilih yang baru atau yang bekas. Anda pasti sudah mengetahui apa konsekuensi dari memilih barang baru dan bekas. Tapi yang jelas sejumlah hal harus Anda perhatikan:
  1. Fungsi. Anda harus yakin, apakah barang itu baru atau bekas, fungsinya harus sesuai dengan kebutuhan.
  2. Daya tahan. Anda harus memilih peralatan dan furnitur yang tahan lama. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengetahui daya tahan sebuah produk. Observasi ke restoran lain kembali bisa menjadi pilihan untuk mengetahui hal itu. Atau tanya ke teman yang sudah lebih dulu berbisnis restoran. Ingat jangan bertanya kepada penjualnnya!
  3. Terlihat baru. Apapun barang yang Anda pilih, dia harus terlihat baru. Ingat, konsumen tidak perduli apakah barang itu baru atau bekas, sepanjang 
  4. Garansi. Kalau membeli barang baru, pastikan Anda mendapatkan garansi selama mungkin dan selengkap mungkin. Jika barang bekas, upayakan Anda memiliki hubungan baik dengan penjual dan orang yang menguasai perbaikan barang tersebut. Ini jadi semacam garansi juga!

Mau beli atau sewa?

            Bila dana Anda mencukupi, maka membeli barang baru atau bekas tidak menjadi masalah. Tapi untuk menghemat dana investasi awal, menyewa bisa menjadi alternatif. Dengan menyewa, dana bisa Anda hemat cukup besar dan Anda bisa leluasa memilih barang, baik baru maupun bekas. Lalu, biasanya kalau menyewa Anda tidak perlu dipusingkan dengan perawatan atau garansi.  Tapi sayang tidak semua peralatan dan furnitur bisa disewa. Hanya sebagian kecil saja yang bisa disewa, seperti tempat minuman, freezer, atau storage.

            Sebelum memutuskan menyewa peralatan, beberapa hal harus menjadi pertimbangan. Untuk tempat minuman misalnya, pemilik barang seringkali membuat aturan khusus. Mereka membatasi minuman yang boleh disimpan hanya untuk produk tertentu saja dan tidak untuk produk yang lain. Tentu saja, batasan itu harus menjadi pertimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar