Minggu, 15 April 2012

buka restoran -6

Pemilihan Nama/Merk

Jangan anggap sepele urusan yang satu ini. Brand/nama atau merk sangat vital dalam berbisnis, termasuk bisnis restoran. Jangan hiraukan kalimat dari pujangga Inggris Shakespear, “Apalah arti sebuah nama?”. Brand adalah segalanya dalam bisnis. Tanpa brand yang kuat, jangan harap bisnis Anda akan sukses. Sekarang ini, brand justru menjadi aset paling berharga, jauh lebih mahal dibanding sumber daya manusia, mesin atau aset lainnya. 
Coba Anda baca di berbagai media, buku atau literatur lain, berapa harga brand Microsoft, Coca Cola, atau Marcedes Benz? Hanya brandnya saja, mereka bernilai puluhan sampai ratusan miliar dolar Amerika. Brand adalah kebanggaan. Merk adalah nyawa Anda. Nama menjadi nilai perusahaan Anda di mata konsumen.
Nama juga terkait dengan berbagai urusan yang lain, mulai dari hak cipta (copyright), trademark, lisensi, urusan hukum, sampai asuransi. Brand juga berkaitan erat dengan strategi marketing. Sebuah nama yang singkat, padat, bermakna sangat dalam, gampang diingat dan diucapkan, akan memudahkan strategi marketingnya. Sebaliknya, jika merknya sulit diiingat dan diucapkan, terlalu panjang, asing, atau berkonotasi kurang baik, akan mempersulit strategi marketing.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama:
  • Nama kadang menjadi faktor keberuntungan Anda, sehingga harus benar-benar yang Anda sukai. Jangan pilih nama yang justru tidak Anda sukai. Usahakan, nama tersebut juga memberikan semangat dan dorongan kepada Anda dalam menggapai mimpi memiliki restoran yang sukses. Anda yang menentukan bukan orang lain.
  • Ingat, nama restoran Anda akan berpengaruh terhadap perjalanan bisnis. Seperti disinggung di atas, brand akan ikut menentukan mudah tidaknya restoran Anda dimarketingkan. Percayalah. Maka jangan asal pilih merk!
  •  Sesuaikan nama dengan jenis menu. Ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui jenis menu apa yang Anda tawarkan. Misalnya, kalau Anda memiliki menu Italia, maka brand yang paling pas harus berbau Italia seperti Pisa, Cosatto atau Del Piero. Jangan buat nama Sinar Singgalang. Nama ini lebih cocok buat restoran dengan menu utama masakan Padang. Meski demikian, ada banyak pilihan nama yang netral, yang tidak perlu menggambarkan menu apa yang Anda hidangkan. Tergantung apakah Anda cukup percaya diri untuk menggunakan nama yang netral itu.
  • Pastikan bahwa nama yang Anda pilih masih original, dan belum ada pihak lain yang memiliki. Bila Anda menggunakan nama Sederhana, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami kesulitan, karena nama itu sudah dipunyai oleh sebuah jaringan restoran Padang. Sebaiknya pelajari dan teliti pilihan nama yang akan digunakan, antara lain dengan mengeceknya ke diretorat jenderal merk dan haki di departemen kehakiman. Jika sudah yakin nama pilihan Anda belum digunakan pihak lain di bidang bisnis serupa yaitu restoran dan makanan, maka segeralah mendaftarkannya, agar brand Anda terlindungi.
  • Selain brand/merk atau nama, Anda pun harus mendaftarkan logo atau lambang yang mendukung merk tadi. Logo atau lambang ini juga bisa berperan sangat penting dalam memarketingkan restoran. Bentuk M pada Mc D berbeda dengan M pada merk restoran lain, dilengkapi dengan sejumlah oretan dan gambar burger. Lambang semacam ini menjadi ciri khas mereka. Hanya dengan memperlihatkan bentuk M-nya saja, orang akan mengerti bahwa itu adalah Mc D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar