Jumat, 22 Juni 2012

Restoran Sukses & Tidak Sukses

RESTORAN SUKSES
 
             Mau sukses bisnis restoran? Catat dan pelajari hal-hal berikut ini, yang merupakan pengalaman dari restoran-restoran besar/sukses.

  1. Fokuskan manajemen yang efisien dan efektif. Manajemen modern, mutlak diterapkan jika ingin restoran Anda sukses. Mc D, KFC, RM Sederhana, Dapur Sunda, dll.  sudah menerapkannya.
  2. Mencari dan memanfaatkan peluang baru. Pasti selalu ada peluang baru dalam setiap kesempatan.
  3. Mengerti keinginan pelanggan sesuai jamannya. Dulu, pelanggan lebih mementingkan rasa ketimbang faktor lain. Sekarang, Anda harus mengkombinasikan rasa dengan faktor kesehatan. Masyarakat sekarang memperhatikan masalah kesehatan lebih banyak dibanding dulu. Bahkan dalam hal piring pun, mereka sudah lebih jeli mana yang mungkin mengganggu kesehatan mana yang tidak. Minyak goreng yang dipakai berkolesterol tinggi atau tidak. Mc D dan KFC pernah menghadapi gugatan class action akibat masalah ini.
  4. Perhatikan kebiasaan konsumen. Misalnya dalam hal kebiasaan merokok. Banyak pelanggan tidak merokok, namun tidak sedikit pula yang kecanduan rokok. Anda harus pintar mengakomodasi kedua kelompok pelanggan tersebut. Misalnya, buat lokasi yang nyaman buat keduanya.
  5. Variasikan cara pelayanan. Sebaiknya Anda membuat variasi pelayanan dalam tempo tertentu. Ini akan membuat kesan menarik buat pelanggan. Misalnya, perubahan pegawai laki dan perempuan. Perubahan pakaian pelayan secara berkala.
  6. Jangan lupa buat perubahan menu. Menu yang sama terus menerus kadang-kadang membuat pelanggan bosan. Cobalah menawarkan menu baru, sebagai variasi dari menu andalan Anda. Tapi jangan hilangkan menu andalan, itu namanya bunuh diri.

RESTORAN TIDAK SUKSES 
 
            Selain mempelajari restoran sukses, Anda juga harus melihat restoran yang tidak sukses agar bisa menghindari pengalaman yang sama.

  1. Terlalu percaya diri pada menu makanan. Meskipun sudah jelas pelanggan tidak suka, Anda tetap menjadikannya sebagai menu utama. Keliru…
  2. Menyepelekan lokasi. Anda sudah tahu lokasi itu sulit dijangkau, tapi Anda kukuh untuk mempertahankannya. Bersiaplah…
  3. Pasif menunggu konsumen. Jemputlah mereka dengan berbagai cara…
  4. Membangun restoran yang megah, melebihi yang seharusnya. Sudah rugi sebelum mengoperasikan restorannya…
  5. Cuek terhadap konsumen. Mereka adalah raja, “menjilatlah” kepadanya biar Anda disukai.
  6. Tidak punya menu andalan. Semua rata-rata, dan semua restoran memilikinya. Anda harus punya menu andalan kalau mau sukses!
  7. Kurang kontrol kualitas. Kadang-kadang mesesnya tengik. Nasinya terlalu keras dsb. Kontrol dong, biar konsumen puas.
  8. Keluhan konsumen dibiarkan. Ini kesalahan fatal bung!
  9. Sebaliknya terlalu menurut pada keluhan konsumen juga salah. Anda harus mampu memilah mana keluhan yang layak dijalankan.
  10. Memilih dan mengembangkan karyawan dengan keliru. Hati-hati, mereka adalah jiwa restoran Anda.
Tidak membuat budget promosi. Ini jaman modern. Promosi adalah keharusan, biar restoran Anda semakin dikenal orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar