Rabu, 09 Mei 2012

buka restoran -10

Memiliki SDM Handal

Memilih SDM yang handal dan terampil tidaklah mudah. Banyak orang mengatakan, SDM untuk restoran sangat gampang. Tinggal pilih beberapa orang, latih sekian lama, maka jadilah dia. Mereka hanya tahu, yang sulit dicari itu kokinya, yang mahir mengolah makanan. Padahal, semua bidang di restoran butuh SDM yang tingkat kecakapannya harus setara dengan sang koki. Percuma punya koki jempolan dengan menu yang menakjubkan, bila SDM yang lain payah.
 Berbagai survey menunjukkan, pelanggan lebih memperhatikan servis dari para pekerja restoran ketimbang hal lain seperti kenyamanan lingkungan atau bahkan rasa dari menunya sendiri. Itu artinya, SDM memegang peranan sangat penting dalam kelangsungan hidup sebuah restoran.
 Banyak cara dilakukan oleh pengelola restoran untuk mendapatkan tenaga handal. Sebagian menerima fresh graduate untuk kemudian melatihnya. Ada pula yang menerima tenaga terampil dari sekolah kejuruan. Sedangkan sisanya mencari jalan pintas dengan membajak SMD perusahaan lain atau membujuk mereka. Untuk yang terakhir ini, konsekuensinya Anda akan dimusuhi banyak perusahaan lain dan mencap Anda sebagai tukang bajak.
 Namun sebelum memulai semua proses perekrutan, Anda sebagai pengelola harus
sudah membuat bidang pekerjaan lengkap dengan tugas-tugasnya secara detil. Misalnya chef atau kepala koki, job deskripsinya adalah:
-          Membuat laporan kepada pemilik
-          Merencanakan menu
-          Mengembangkan menu
-          Menyusun pembelian bahan baku
-          Kontrol kualitas
-          Kontrol biaya produksi
-          Memilih dan melatih tenaga kerja
-          Berkoordinasi dengan bagian lain

Job desk semacam ini harus ada pada setiap bidang pekerjaan, untuk memudahkan Anda sebagai pemilik mengontrol mereka.
 Selain job desk, Anda pun mesti membuat job spesifikasi, sebagai panduan memilih tenaga kerja. Misalnya, Anda membutuhkan seorang manager minuman yang sudah punya pengalaman kerja selama 5 tahun. Lulusan dari sekolah pariwisata, D3 atau S1. Punya pengetahuan luas tentang industri minuman dan restoran, serta kreatif dalam membuat ramuan minuman baru.
 Setelah Anda membuat job desk dan job spesifikasi, barulah mulai mencari tenaga
SDM yang handal. Dengan batasan-batasan di atas, Anda bisa berharap akan mendapatkan SDM yang berkualitas.

Beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan dalam merekrut pegawai:
1.              Perhatikan attitude dan behaviornya. Sikap dan perilaku menjadi teramat penting dalam bisnis restoran, yang mengandalkan produk serta jasa. Sikap dan perilaku terkait erat dengan pelayanan, sehingga dua hal itu menjadi kondisi yang harus dimiliki oleh calon pegawai. Sikap dan perilaku yang positif dan mendukung pelayanan.
2.              Keahlian. Mau tidak mau Anda harus memilih calon pegawai yang punya keahlian khusus di bidang restoran. Apakah itu keahlian memasak, dekorasi, atau promosi. Di sini, Anda harus sangat selektif memilih calon pegawai yang punya keahlian tertentu. Bila Anda sendiri sudah ahli di bidang masakan, maka Anda tidak perlu lagi mencari seorang kepala koki (chef).
3.              Pilih orang baru atau orang lama. Tergantung dari jenis pekerjaan yang ditawarkan. Untuk kepala koki atau juru masak, tentu Anda butuh yang berpengalaman. Tapi untuk jenis pekerjaan yang lain, mungkin Anda bisa memilih fresh graduate.

Training SDM
            Biasakan untuk selalu memberikan training kepada setiap karyawan baru, termasuk ketika Anda memulai bisnis ini. Berikan semua informasi tentang perusahaan dan menu andalan restoran. Buat karyawan Anda faham apa visi dan misi perusahaan, serta apa menu andalannya. Jangan biarkan seorang karyawan tidak mampu menjawab pertanyaan narasumber. Ini bisa sangat memalukan dan menurunkan kredibilitas.
 Lalu sebaiknya Anda membuat pelatihan secara berkala buat seluruh karyawan secara bergantian. Selain untuk menambah wawasan dan keterampilan, pelatihan berlanjut ini akan selalu mengingatkan karyawan akan tugas-tugasnya. Dan tugas Andalah untuk selalu mengingatkan mereka dengan berbagai cara.  Ingat, jiwa dari sebuah restoran adalah sumber daya manusianya. Periharalah jiwanya!

Berikan prosedur yang jelas
            Pengelola restoran harus membuat prosedur yang jelas untuk setiap bidang pekerjaan. Prosedur ini akan menjadi panduan utama para pekerja dalam melakukan aktivitasnya. Setiap prosedur harus disebarkan dan diketahui oleh setiap karyawan. Dalam pelaksanaannya, perlu kontrol yang agar mereka tidak berjalan keluar prosedur. Semakin kuat Anda menjaga agar setiap orang berlaku sesuai prosedur, semakin baik jalannya bisnis restoran Anda.
             Banyak hal yang harus dibuatkan prosedurnya secara tertulis, terutama dalam hal penyajian makanan, pelayanan kepada tamu, menghadapi konsumen yang sulit, melayani keluhan dan komplain, serta menyambut dan mengantar kepergian pelanggan. Pelanggan akan merasakan sentuhan yang sama dengan pelayan yang manapun, jika ada prosedur yang jelas dan dijalankan dengan baik.
 Hal lain yang harus dilakukan agar memilik SDM yang handal:
1.      Berikan Reward and Punishment yang jelas kepada setiap pekerja dari level paling atas sampai terbawah.
2.      Membuat performance appraisal (PA) secara berkala buat setiap pekerja. Paling tidak setiap tahun sekali, Anda harus membuat PA ini.
3.      Tentukan skala gaji dan upah yang adil.
4.      Buat sistem komunikasi yang baik.
5.      Bikin pertemuan atau rapat rutin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar