Rabu, 09 Mei 2012

buka restoran -11

Kelola dengan Benar

Banyak orang mengira mengelola restoran sama saja dengan mengurus perusahaan di sektor lain, seperti bisnis angkutan, bisnis jasa pengiriman ekspres, bisnis kerajinan tangan dan sebagainya. Padahal, bisnis restoran sangat unik dan punya banyak kekhususan. Salah besar, bila Anda menganggap enteng bagaimana mengelola restoran. Seperti di bab awal dari buku ini, mengelola restoran butuh seorang yang punya kemampuan sebagai entrepreneur sekaligus seorang entertainer.

Pengunjung restoran datang dan menikmati menu, bukan sekedar untuk makan. Mereka butuh sentuhan lain yang berbeda dibanding konsumen sektor lain. Secara fisik, lidah dan perut mereka harus dipuaskan dengan menu yang prima, sementara di sisi lain, jiwa dan hati mereka pun harus dipenuhi dengan servis yang memuaskan. Padahal, kita semua tahu, bahwa memenuhi kebutuhan jiwa dan hati, bukanlah perkara yang gampang.

Jiwa dan hati, butuh sentuhan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya jiwa dan hati, yang matang. Memuaskan jiwa dan hati, sangat sangat berbeda dibanding memenuhi selera lidah dan perut seorang konsumen. Pemuasan jiwa dan hati melibatkan seluruh elemen restoran, mulai dari staf paling bawah sampai pemilik. Mulai dari kerlingan mata sampai isi hati dan jiwa setiap komponen restoran. Semua harus dikolaborasikan agar menjadi kekuatan yang luar biasa, dalam melayani konsumen.

Kunci pokok dari bisnis restoran selain menu yang yahud, adalah kemampuan pengelola menyentuh jiwa atau hati konsumen. Dijamin, mereka akan menjadi konsumen yang loyal, bila jiwa dan hati mereka sudah disentuh. Maka selain memperkuat semua aspek pendukung restoran, pengelola juga harus pandai menyiapkan berbagai jurus untuk menyentuh hati dan jiwa setiap pelanggannya. Sebuah pekerjaan yang sangat mulia namun sangat berat untuk diwujudkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar