Minggu, 20 Mei 2012

buka restoran 16


Bangun Tim Marketing

Tim marketing memegang peranan kunci dalam sebuah restoran. Tidak ada formula sakti untuk membuat restoran Anda disukai banyak konsumen. Namun Anda bisa membentuk sebuah tim marketing yang handal, dalam menjalankan bisnis restoran. Bila perusahaan Anda kecil, maka Andalah yang menjadi tulang punggung marketing. Sedangkan bila perusahaan Anda dalam bentuk CV atau PT, maka tim marketing bisa diperoleh dengan merekrut beberapa orang ahlinya.


Banyak orang bertanya-tanya, “Apa perlunya sebuah tim marketing buat restoran?”. Yang ditawarkan restoran adalah menu, display, dekorasi dan layanan, sehingga marketing tidak lagi dibutuhkan. Mereka keliru, karena marketing adalah gabungan dari semuanya plus SDM. Gabungan dari penentuan lokasi strategis, penciptaan produk yang berkualitas, pembuatan dekorasi dan display yang menarik serta layanan prima. Semua itu harus diramu dengan ilmu marketing, agar menjadi sinergi yang mumpuni dalam menarik minat konsumen.

Dan untuk meramu semua unsur restoran itu menjadi harmoni yang indah, dibutuhkan sebuah tim yang handal. Sebuah tim yang kuat, bisa membuat lokasi kurang menarik menjadi sangat ideal. Sebuah tim yang hebat, dapat menawarkan produk biasa saja menjadi sangat istimewa. Mereka yang kreatif mampu mengubah dekorasi standar, menjadi keindahan seni yang tiada tara. Semua itu hanya bisa dilakukan oleh sebuah tim.

Maka segeralah bentuk sebuah tim marketing, yang terdiri dari orang-orang handal di bidangnya. Jangan segan-segan untuk berinvestasi dalam merekrut tenaga marketing, yang bisa diandalkan. Mereka akan membuat restoran Anda berbeda dan meraih kesuksesan. Tapi ingat, memilih tim marketing yang hebat, bukan pekerjaan yang mudah.

            Beberapa bidang kunci yang harus dimiliki tim marketing sebuah restoran:
  1. Pemimpin marketing, apakah disebut manager marketing atau general manager marketing. Dia harus memiliki kecakapan, meramu semua unsur restoran menjadi daya tarik yang luar biasa, agar berujung pada meningkatnya penjualan.
  2. Pemimpin sales, apakah disebut manager sales atau general manager sales atau disatukan dengan marketing. Dia harus pintar menjual, menjual dan menjual. Apapun yang dimiliki oleh sebuah restoran harus mampu dijual.
  3. Pemimpin promosi dan PR. Pemimpin sales dan marketing akan sangat terbantu bila Anda memiliki tenaga ahli bidang promosi dan PR. Dia mahir memoles perusahaan Anda agar menarik dan mendapatkan simpati serta dukungan dari seluas mungkin masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar