Jumat, 22 Juni 2012

serba-serbi 3


Jangan Berikan Diskon Terlalu Besar

             Banyak pengusaha restoran yang melakukan promosi besar-besaran di awal operasinya. Bahkan saking bersemangatnya ber-grand opening, sampai-sampai diskonnya ruarrr biasa, 50 – 70 persen. Apa yang terjadi? Memang sukses luar biasa. Pengunjung datang berbondong-bondong, ingin menikmati diskonnya. Dan Anda beserta karyawan pontang-panting tidak karuan melayani konsumen yang melimpah. Piring banyak yang pecah sehingga menambah semaraknya grand opening…  Akhirnya, Anda kehabisan makanan dan konsumen yang mengantri masih panjang!


            Apakah itu promosi yang baik di awal operasi restoran Anda? Tentu tidak bukan. Anda sudah memberikan kesan kurang baik terhadap pelanggan. Citra Anda menjadi negatif, karena Anda sama sekali tidak siap menghadapi lonjakan konsumen. Lagi pula, mereka yang datang kebanyakan bukan calon konsumen loyal, melainkan mereka yang hobi dan tertarik dengan diskon. Begitu masa diskon selesai, mereka tidak akan datang ke restoran Anda.

            Kemungkinan lainnya adalah kegagalan total. Yaitu jumlah pengunjung sama sekali di luar harapan. Tentu ini akan memukul Anda dan semangat para karyawan. Lha wong sudah didiskon begitu besar saja tidak ada yang datang, apalagi kalau tanpa diskon. Lagi pula, Anda tidak punya senjata lain (senjata pamungkas biasanya adalah diskon besar), ketika restoran Anda lesu.

            Beberapa restoran membuat langkah cerdas dalam rangka grand opening. Mereka menawarkan diskon tapi tidak terlalu besar, hanya 20 persen. Tapi, mereka menawarkan diskon lagi untuk kedatangan pelanggan yang kedua, ketiga sampai keempat dengan angka prosentase bervariasi. Ada pula restoran yang tidak menawarkan diskon prosentase, melainkan memberikan promo makan 1 gratis 1. Atau makan 2 kali, gratis satu kesempatan berikutnya.

            Banyak cara bisa dilakukan agar pembukaan restoran Anda menjadi moment tak terlupakan. Sekaligus menjadi batu pijakan yang kuat menuju restoran yang sukses. Ingat, grand opening berlangsung sukses maka langkah ke depannya semakin ringan. Sebaliknya, bila di awal sulit maka bersiap-siaplah menghadapi kesulitan lainnya. Ini bukan menakut-nakuti tapi sudah banyak dialami pengusaha restoran di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar