Kiat Mengelola Bisnis Restoran
Menghadapi Bulan Ramadhan
Banyak orang berpendapat bahwa menjalankan bisnis restoran itu mudah dan cepat mendatangkan keuntungan, sebenarnya pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak salah. Seperti halnya bisnis lainnya, dalam mengelola bisnis restoran diperlukan sistem dan prosedur yang benar, serta fungsi kontrol (kontrol terhadap mutu makanan/ minuman, pelayanan dan produksi, kontrol sumber daya manusia). Tanpa fungsi kontrol yang baik, maka sebaik apapun sistem dan prosedur yang dijalankan, restoran bisa jadi ”asal jalan” yang pada akhirnya akan berdampak pada tutupnya restoran tersebut.
Mengapa sering terjadi restoran hanya beroperasi satu tahun atau dua
tahun kemudian tutup? Problem utama perusahaan (restoran) tersebut
adalah manajemen pengelolaannya yang tidak terkontrol dengan baik,
karyawan; restoran sering kali hanya bekerja baik bila dilihat oleh
atasannya.
Menjadi seorang Restaurant Manager bisa jadi sangat menarik dan sekaligus merupakan tantangan. Diperlukan pengorbanan, kemampuan berorganisasi, dan kerja keras untuk keberhasilan sebuah operasi restoran. Seorang Restaurant Manager selalu tertantang untuk menjadi kreatif dan inovatif, karena tuntutan konsumen yang terus berubah dan kompetitor yang terus bermunculan.
Mengerti tentang bagaimana cara menempatkan sumber-sumber (sumber
dana, sumber daya dan sumber daya manusia) yang tepat guna, akan
membantu keberhasilan dan berkembangnya sebuah usaha restoran, bahkan
akan membawa keuntungan yang lebih besar. Kalau ada restoran yang gagal
atau belum berhasil, masalahnya pasti timbul dari dalam (internal
problem) seperti sumber daya manusia (sdm) yang kurang berkualitas atau
kurang pembinaan untuk menjadi berkualitas, baik dalam pengolahan
produk, penerapan standar pelayanan sampai tidak berfungsinya bagian
administrasi sebagai alat kontrol perusahaan.
Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam mengelola restoran
Pastikan karyawan anda mengetahui apa harapan anda (owner). Jelaskan dan beritahukan akan deskripsi kerja setiap karyawan pada saat karyawan mulai bekerja. Peraturan perusahaan, harus diketahui oleh semua karyawan, tentang tata cara operasional restoran yang baik dan benar.
Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam mengelola restoran
Pastikan karyawan anda mengetahui apa harapan anda (owner). Jelaskan dan beritahukan akan deskripsi kerja setiap karyawan pada saat karyawan mulai bekerja. Peraturan perusahaan, harus diketahui oleh semua karyawan, tentang tata cara operasional restoran yang baik dan benar.
Buatlah ketentuan dan tata tertib tentang tata cara pengolahan menu,
standar resep, pengaturan waktu dan hal-hal lain tentang penugasan
karyawan pada bidangnya masing-masing, termasuk aspek pelayanan kepada
tamu.
Rapat/pertemuan rutin dengan Chef, dan semua kepala bagian terkait
untuk, membicarakan problem, saran-saran dan hal-hal lain untuk kemajuan
restoran perlu dilakukan. Buatlah standar kerja yang efisien dan
bermanfaat, sehingga setiap orang menyadari akan pentingnya
produktivitas dan kualitas kerja yang baik. Membangun moral karyawan
adalah menjadi syarat mutlak, jika ada karyawan yang kurang menghargai
atau tidak menghormati akan norma-norma bekerja, pasti orang tersebut
akan memberi dampak buruk pada perusahaan bisnis restoran.
Hindari sikap tinggi hati kepada karyawan, hargai bahwa mereka adalah
bagian dari tim kerja anda. Motivasi mereka melalui seminar atau
training secara berkala.
Berikan penghargaan, insentif dan tanda lainnya sebagai bentuk
apresiasi pada hasil kerja. Buatlah kotak saran, agar karyawan dapat
menyampaikan usulan atau pendapat untuk perbaikan perusahaan.
Pastikan pelanggan anda puas pada saat kunjungan ke restoran anda,
kalau pelanggan puas dengan mutu makanan, mutu pelayanan dan suasana
restoran serta harga di restoran anda, maka pada umumnya mereka akan
kembali ke restoran anda dan tentu akan membawa orang lain, baik
keluarganya maupun relasinya, yang pada akhirnya restoran berjalan baik.
Ciptakan suasana yang menyenangkan, Arahkan karyawan untuk menghargai
tamu-tamu yang datang; berikan pelayanan yang ramah, mutu makanan yang
baik sesuai pesanan, Semuanya itu akan memberikan kepuasan kepada
tamu-tamu yang datang ke restoran anda. Anda juga bisa meminta tamu
mengisi kartu kuesioner (guest comment card) sebagai masukan bagi anda,
yang tentunya penting untuk kunjungan – kunjungan berikutnya.
Siapkah anda menghadapi tantangan menjalankan bisnis restoran?
Anda perlu kerja keras untuk mencapai target yang diharapkan.
Anda perlu kerja keras untuk mencapai target yang diharapkan.
Bicarakan dengan para kepala bagian tentang rencana dan anggaran yang
harus dicapai. Carilah pemasok dengan harga kompetitif untuk pembelian
bahan pangan atau barang lainnya di restoran anda.
Lakukan kontrol pada biaya belanja dan kebutuhan operasional restoran.
Berikan pengarahan dan ciptakan upaya agar setiap karyawan memiliki
rasa peduli akan pentingnya memahami biaya-biaya yang timbul pada sebuah
operasi bisnis restoran.
Perhatikan biaya gaji dan biaya-biaya operasional lain termasuk biaya
pemeliharaan peralatan yang ada, sehingga pembayaran-pembayaran bisa
dilakukan tepat waktu dan tidak berlebihan.
Kembangkan satu strategi pemasaran yang baik
Pembicaraan tamu dari mulut ke mulut tentang restoran anda akan sangat efektif dan memberi dampak yang luar biasa.
Buatlah iklan yang kreatif yang bisa dilakukan melalui koran, majalah atau brosur, sebagai alat promosi restoran anda. Menawarkan insentif kepada pelanggan, seperti memberikan undangan, atau ”tamu teladan bulanan” dengan difoto dan hasilnya dikirim ke alamatnya, memberikan perhatian pada tamu yang berulang tahun dengan mengundang mereka makan ke restoran akan memberi dampak yang positif pada para langganan, karena mereka merasa diperhatikan.
Pembicaraan tamu dari mulut ke mulut tentang restoran anda akan sangat efektif dan memberi dampak yang luar biasa.
Buatlah iklan yang kreatif yang bisa dilakukan melalui koran, majalah atau brosur, sebagai alat promosi restoran anda. Menawarkan insentif kepada pelanggan, seperti memberikan undangan, atau ”tamu teladan bulanan” dengan difoto dan hasilnya dikirim ke alamatnya, memberikan perhatian pada tamu yang berulang tahun dengan mengundang mereka makan ke restoran akan memberi dampak yang positif pada para langganan, karena mereka merasa diperhatikan.
Perhatikan aspek kebersihan, kesehatan dan keselamatan kerja
Pastikan bahwa restoran anda memperhatikan aspek kesehatan (hygiene & sanitation). Tempat memasak (kitchen) dan ruangan makan (dining area), juga toilet (restrooms), harus terus menerus dibersihkan. Harus ditekankan kepada karyawan agar selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum menjamah bahan pangan, serta menjaga agar peralatan yang digunakan selalu dalam keadaan bersih dan saniter.
Pastikan bahwa restoran anda memperhatikan aspek kesehatan (hygiene & sanitation). Tempat memasak (kitchen) dan ruangan makan (dining area), juga toilet (restrooms), harus terus menerus dibersihkan. Harus ditekankan kepada karyawan agar selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum menjamah bahan pangan, serta menjaga agar peralatan yang digunakan selalu dalam keadaan bersih dan saniter.
Juru masak (cook) harus saksama dalam menyimpan bahan untuk
menghindari pencemaran dan kontaminasi terhadap makanan yang
disiapkannya.
Hal-hal tersebut sangat penting mendapat perhatian dari semua pihak,
khususnya pimpinan top perusahaan agar restoran terhindar dari
kemungkinan teguran hingga penyegelan dari pihak berwenang, hanya karena
aspek kebersihan dan kesehatan.
Pastikan peraturan restoran anda mengikuti semua peraturan tentang
keselamatan kerja. Harus ada pintu darurat, alat pemadam api ringan
(APAR) yang diidentifikasikan dengan jelas. Hal ini penting untuk
menghindari korban saat terjadi kebakaran atau bahaya darurat lainnya.
Pastikan bahwa restoran anda tidak melebihi kapasitas ideal, untuk
menghindari suasana yang kurang nyaman.
Jangan ada karyawan yang menjadi penghambat kemajuan usaha restoran anda
Bila ada karyawan yang seperti itu, sebaiknya yang bersangkutan ”disingkirkan”. Karyawan yang sering terlambat atau absen, harus diperingatkan, karena akan merusak suasana kerja. Ketika karyawan yang kasar kepada pelanggan, maka yang bersangkutan harus diberi pengarahan dan bila tidak bisa berubah, harus ditindak. Semua anggota tim kerja harus memiliki semangat dan motivasi kerja yang baik. Bila ada anggota tim kerja yang karena tabiat dan perilaku negatif nya tidak mau berubah, maka secara tegas karyawan dimaksud harus dikenai sanksi atau bahkan PHK.
Bila ada karyawan yang seperti itu, sebaiknya yang bersangkutan ”disingkirkan”. Karyawan yang sering terlambat atau absen, harus diperingatkan, karena akan merusak suasana kerja. Ketika karyawan yang kasar kepada pelanggan, maka yang bersangkutan harus diberi pengarahan dan bila tidak bisa berubah, harus ditindak. Semua anggota tim kerja harus memiliki semangat dan motivasi kerja yang baik. Bila ada anggota tim kerja yang karena tabiat dan perilaku negatif nya tidak mau berubah, maka secara tegas karyawan dimaksud harus dikenai sanksi atau bahkan PHK.
Mempertimbangkan penggunaan konsultan restoran adalah salah satu
alternatif untuk mengatasi berbagai kesulitan yang timbul dalam
operasional restoran. Konsultan dapat memberikan evaluasi obyektif
terhadap restoran anda, apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan restoran
anda. Dia dapat bekerja sama dengan pihak owner dalam hal membuat
strategi pengendalian biaya-biaya, meningkatkan target penjualan dan
permasalahan yang terkait dengan sumber daya manusia.
Menangkap peluang bisnis restoran
Memasuki bulan suci Ramadhan, biasanya bisnis restoran mengalami kenaikan jumlah pengunjung. Masyarakat memanfaatkan kesempatan bulan Ramadhan ini untuk acara berbuka puasa bersama sambil bersilahturahmi dengan keluarga atau kerabat. Apa saja yang perlu dilakukan oleh para pelaku binis restoran?
Memasuki bulan suci Ramadhan, biasanya bisnis restoran mengalami kenaikan jumlah pengunjung. Masyarakat memanfaatkan kesempatan bulan Ramadhan ini untuk acara berbuka puasa bersama sambil bersilahturahmi dengan keluarga atau kerabat. Apa saja yang perlu dilakukan oleh para pelaku binis restoran?
Pengelola restoran yang inovatif akan memakai moment bulan Ramadhan
sebagai peluang untuk menciptakan kreativitas membuat program buka puasa
bersama atau menawarkan program-program lain yang terkait dengan bulan
Ramadhan.
Ada bagian/departemen yang perlu diperhatikan menghadapi tibanya
kesibukan selama bulan Ramadhan, di antaranya bagian produksi (kitchen)
dan bagian pelayanan (service), dua bagian ini adalah menjadi ” jantung
dan paru-paru nya” bisnis restoran. Bagian produksi dituntut untuk
secara konsisten menjaga mutu makanan/minuman serta kecepatan dalam
penghidangan, sementara dibagian pelayanan (service) harus tetap menjaga
standar pelayanan, mulai dari keramahan, tata cara melayani tamu
(sequence of service) hingga kesiapan mental menghadapi ramainya
pengunjung restoran.
Kesemuanya tadi sebenarnya bukan hal yang luar biasa bila pengelola
sudah memiliki dan menerapkan standard operating procedure (SOP) secara
benar dan konsisten, termasuk secara rutin melaksanakan program
pelatihan (training) secara berkesinambungan.
Bisnis restoran adalah bisnis yang mengurusi orang ”lapar” yang sangat
terkait dengan perasaannya, orang yang mudah emosi dan marah. Oleh
karenanya kesiapan karyawan restoran (bagian produksi dan pelayanan)
sangat menentukan kelangsungan usaha bidang restoran ini. Sedikit saja
sikap dan perilaku pelayan (server/ waiter) yang kurang baik kepada tamu
yang datang, maka dampaknya sangat besar pada mutu produk yang
dihasilkan atau mutu pelayanan yang diberikan kepada tamu.
Pelayanan (service) yang baik pada sebuah restoran adalah apabila
restoran tersebut menerapkan standar pelayanan yang benar dan konsisten,
mulai dari tamu datang memasuki restoran, diantar ke meja makan,
pengambilan pesanan, tata cara penghidangan yang benar dan tepat,
perhatian selama tamu sedang makan, hingga tamu membayar dan
meninggalkan restoran, bahkan beberapa restoran yang berdiri sendiri dan
memiliki petugas security atau parking valet, mereka harus dilatih
untuk memberikan sambutan dan layanan yang ramah ketika tamu restoran
datang, karena merekalah yang memberikan kesan pertama kepada tamu yang
datang.
Memperhatikan persediaan bahan baku dan pengendalian biaya
Hal yang penting dan perlu mendapat perhatian dari pengelola restoran adalah persediaan barang yang cukup, namun tetap dengan melakukan perhitungan atau prediksi akan jumlah pengunjung yang diharapkan datang ke restoran (forecast potential customer). Sehingga persediaan tidak sampai menumpuk (sama dengan menimbun uang mati). Dalam hal ini bagian cost control atau bagian adminstrasi restoran harus bisa memberikan perkiraan jumlah persediaan yang diperlukan.
Hal yang penting dan perlu mendapat perhatian dari pengelola restoran adalah persediaan barang yang cukup, namun tetap dengan melakukan perhitungan atau prediksi akan jumlah pengunjung yang diharapkan datang ke restoran (forecast potential customer). Sehingga persediaan tidak sampai menumpuk (sama dengan menimbun uang mati). Dalam hal ini bagian cost control atau bagian adminstrasi restoran harus bisa memberikan perkiraan jumlah persediaan yang diperlukan.
Semua barang harus disimpan pada tempat penyimpanan yang tepat,
misalnya daging, ayam dan sejenisnya harus disimpan pada freezer, bahan
bumbu, dan bahan kering lainnya harus disimpan dalam gudang dengan
ventilasi udara yang baik, dan terhindar dari serangga atau binatang
lainnya.
Setiap penyimpanan barang harus dicatat dalam kartu stock dan
dilakukan inventori yang benar pada setiap akhir bulan. Banyak restoran
tidak menerapkan prosedur pengambilan barang dari gudang, bahkan tidak
melakukan penerapan prosedur gudang yang benar misalnya sistem First in
First out (FIFO), jam pengambilan barang dan pengelompokkan barang tidak
sesuai jenisnya, misalnya bahan makanan disatukan dengan bahan
pembersih dsb.
Setiap bulan biaya produksi (production cost – Food & Beverage
Cost) termonitor dengan baik. Harus ada satu orang yang mengelola
pekerjaan ini, karena ini menjadi laporan bulanan. Hal-hal yang harus
diperhatikan dalam memonitor pengendalian biaya/ harga pokok penjualan
(Food & Beverage Cost)
Dari sisi pengelola restoran, tibanya bulan Ramadhan, bisa merupakan
peluang untuk membangun tali persahabatan dengan para pelanggan,
lakukanlah komunikasi dengan para pelanggan, dapat dilakukan pengiriman
surat (direct mail), email blash, sms blash atau iklan melalui radio.
Hindari mencari alasan karena bulan puasa, maka pelayanan agak lambat
atau stock barang tidak ada, dan problem-problem lain yang sering kali
justru mengecewakan pelanggan/ tamu restoran. Kita sudah tahu setiap
bulan ada acara-acara keagamaan atau liburan sekolah dan sebagainya,
sebagai pengelola restoran kita harus selalu siap dengan membuat program
(calender of events).
Anda dituntut kreatif dan inovatif bila anda ingin serius menjalankan bisnis restoran.
Indahnya menjalankan bisnis restoran adalah ketika restoran kita sudah dikenal pelanggan atau masyarakat luas. Untuk bisa dikenal publik diperlukan perjuangan membangun citra (image), bukan saja makanan yang enak, namun juga standar pelayanan yang baik dan benar, dan untuk mewujudkannya diperlukan komitmen serius oleh pemilik atau pengelolanya.
Anda dituntut kreatif dan inovatif bila anda ingin serius menjalankan bisnis restoran.
Indahnya menjalankan bisnis restoran adalah ketika restoran kita sudah dikenal pelanggan atau masyarakat luas. Untuk bisa dikenal publik diperlukan perjuangan membangun citra (image), bukan saja makanan yang enak, namun juga standar pelayanan yang baik dan benar, dan untuk mewujudkannya diperlukan komitmen serius oleh pemilik atau pengelolanya.
Membuka bisnis restoran tidak bisa dilakukan dengan cara
memperlakukannya sebagai bisnis sampingan, mengelola bisnis restoran
memerlukan perhatian serius dan sungguh-sungguh, karena bisnis restoran
mengurusi kenyamanan pelanggan atau pengunjungnya. Perlakukanlah mereka
sebagai mitra usaha yang saling mendatangkan keuntungan.
Selamat menjalankan bisnis restoran, bisnis yang tidak pernah
kehilangan konsumennya, selagi manusia masih makan, maka bisnis restoran
tidak akan mati, sepanjang diurus dengan baik.
Oleh Susanto Sukarto
Managing Director SS Restaurant Training & Management Consultant
Managing Director SS Restaurant Training & Management Consultant
Bagus mas artikelnya. Saran aja mas, kalau bisa dikasih poin2. Jd lebih enak dan lebih menarik sblm mmbaca keseluruhan. Trims
BalasHapus