Memiliki SDM Handal
Memilih SDM
yang handal dan terampil tidaklah mudah. Banyak orang mengatakan, SDM untuk
restoran sangat gampang. Tinggal pilih beberapa orang, latih sekian lama, maka
jadilah dia. Mereka hanya tahu, yang sulit dicari itu kokinya, yang mahir
mengolah makanan. Padahal, semua bidang di restoran butuh SDM yang tingkat
kecakapannya harus setara dengan sang koki. Percuma punya koki jempolan dengan
menu yang menakjubkan, bila SDM yang lain payah.
Berbagai survey
menunjukkan, pelanggan lebih memperhatikan servis dari para pekerja restoran
ketimbang hal lain seperti kenyamanan lingkungan atau bahkan rasa dari menunya
sendiri. Itu artinya, SDM memegang peranan sangat penting dalam kelangsungan
hidup sebuah restoran.
Banyak cara
dilakukan oleh pengelola restoran untuk mendapatkan tenaga handal. Sebagian
menerima fresh graduate untuk kemudian melatihnya. Ada pula yang menerima
tenaga terampil dari sekolah kejuruan. Sedangkan sisanya mencari jalan pintas
dengan membajak SMD perusahaan lain atau membujuk mereka. Untuk yang terakhir
ini, konsekuensinya Anda akan dimusuhi banyak perusahaan lain dan mencap Anda
sebagai tukang bajak.
Namun sebelum
memulai semua proses perekrutan, Anda sebagai pengelola harus
sudah membuat bidang pekerjaan
lengkap dengan tugas-tugasnya secara detil. Misalnya chef atau kepala koki, job
deskripsinya adalah:
-
Membuat laporan kepada pemilik
-
Merencanakan menu
-
Mengembangkan menu
-
Menyusun pembelian bahan baku
-
Kontrol kualitas
-
Kontrol biaya produksi
-
Memilih dan melatih tenaga kerja
-
Berkoordinasi dengan bagian lain
Job desk
semacam ini harus ada pada setiap bidang pekerjaan, untuk memudahkan Anda
sebagai pemilik mengontrol mereka.
Selain job
desk, Anda pun mesti membuat job spesifikasi, sebagai panduan memilih tenaga
kerja. Misalnya, Anda membutuhkan seorang manager minuman yang sudah punya
pengalaman kerja selama 5 tahun. Lulusan dari sekolah pariwisata, D3 atau S1.
Punya pengetahuan luas tentang industri minuman dan restoran, serta kreatif
dalam membuat ramuan minuman baru.
Setelah Anda
membuat job desk dan job spesifikasi, barulah mulai mencari tenaga
SDM yang handal. Dengan
batasan-batasan di atas, Anda bisa berharap akan mendapatkan SDM yang
berkualitas.
Beberapa hal
yang harus menjadi pertimbangan dalam merekrut pegawai:
1.
Perhatikan attitude dan behaviornya. Sikap dan perilaku
menjadi teramat penting dalam bisnis restoran, yang mengandalkan produk serta
jasa. Sikap dan perilaku terkait erat dengan pelayanan, sehingga dua hal itu
menjadi kondisi yang harus dimiliki oleh calon pegawai. Sikap dan perilaku yang
positif dan mendukung pelayanan.
2.
Keahlian. Mau tidak mau Anda harus memilih calon
pegawai yang punya keahlian khusus di bidang restoran. Apakah itu keahlian
memasak, dekorasi, atau promosi. Di sini, Anda harus sangat selektif memilih
calon pegawai yang punya keahlian tertentu. Bila Anda sendiri sudah ahli di
bidang masakan, maka Anda tidak perlu lagi mencari seorang kepala koki (chef).
3.
Pilih orang baru atau orang lama. Tergantung dari jenis
pekerjaan yang ditawarkan. Untuk kepala koki atau juru masak, tentu Anda butuh
yang berpengalaman. Tapi untuk jenis pekerjaan yang lain, mungkin Anda bisa
memilih fresh graduate.
Training SDM
Biasakan
untuk selalu memberikan training kepada setiap karyawan baru, termasuk ketika
Anda memulai bisnis ini. Berikan semua informasi tentang perusahaan dan menu
andalan restoran. Buat karyawan Anda faham apa visi dan misi perusahaan, serta
apa menu andalannya. Jangan biarkan seorang karyawan tidak mampu menjawab
pertanyaan narasumber. Ini bisa sangat memalukan dan menurunkan kredibilitas.
Lalu sebaiknya
Anda membuat pelatihan secara berkala buat seluruh karyawan secara bergantian.
Selain untuk menambah wawasan dan keterampilan, pelatihan berlanjut ini akan
selalu mengingatkan karyawan akan tugas-tugasnya. Dan tugas Andalah untuk
selalu mengingatkan mereka dengan berbagai cara. Ingat, jiwa dari sebuah restoran adalah
sumber daya manusianya. Periharalah jiwanya!
Berikan prosedur yang jelas
Pengelola
restoran harus membuat prosedur yang jelas untuk setiap bidang pekerjaan.
Prosedur ini akan menjadi panduan utama para pekerja dalam melakukan
aktivitasnya. Setiap prosedur harus disebarkan dan diketahui oleh setiap
karyawan. Dalam pelaksanaannya, perlu kontrol yang agar mereka tidak berjalan
keluar prosedur. Semakin kuat Anda menjaga agar setiap orang berlaku sesuai
prosedur, semakin baik jalannya bisnis restoran Anda.
Banyak
hal yang harus dibuatkan prosedurnya secara tertulis, terutama dalam hal
penyajian makanan, pelayanan kepada tamu, menghadapi konsumen yang sulit,
melayani keluhan dan komplain, serta menyambut dan mengantar kepergian
pelanggan. Pelanggan akan merasakan sentuhan yang sama dengan pelayan yang
manapun, jika ada prosedur yang jelas dan dijalankan dengan baik.
Hal lain yang harus dilakukan
agar memilik SDM yang handal:
1.
Berikan Reward and Punishment yang jelas kepada setiap
pekerja dari level paling atas sampai terbawah.
2.
Membuat performance appraisal (PA) secara berkala buat
setiap pekerja. Paling tidak setiap tahun sekali, Anda harus membuat PA ini.
3.
Tentukan skala gaji dan upah yang adil.
4.
Buat sistem komunikasi yang baik.
5.
Bikin pertemuan atau rapat rutin
Artikel nya sangat bagus dan bermanfaat
BalasHapusSalam kenal gan
http://www.restofocus.com/